“Kepala Singa” di Makam Bung Karno

Rezim Soeharto mencoba “melenyapkan” Bung Karno dengan menempatkan makamnya di Blitar, Jawa Timur, sejauh mungkin dari Jakarta. Tetapi “de-soekarnoisasi” itu gagal. Makam Bung Karno tiap hari tetap diziarahi ribuan rakyat.

MACAN mati meninggalkan kulit, gajah mati meninggalkan gading. Orang besar mati meninggalkan nama. Itulah yang terjadi pada Bung Karno, Presiden Pertama RI dan salah satu proklamator kemerdekaan, meski rezim Soeharto mencoba menghapus nama Soekarno dari sejarah. Polemik sejarah tentang siapa sebenarnya penggali Pancasila bisa dibilang termasuk bagian dari upaya ini.

Rezim Soeharto melakukan segala hal untuk mengecilkan dan “menghabisi” Soekarno, termasuk melarang kunjungan keluarga dan kerabatnya ketika ia sakit, menuduhnya terlibat PKI, termasuk kemudian menolak memenuhi keinginan Soekarno sebelum wafatnya, yang ingin dimakamkan secara sederhana di Batutulis, Jawa Barat.

Putra bungsunya, Guruh Soekarnoputra, menceritakan kepada D&R, Bung Karno wanti-wanti kalau meninggal jangan dibuatkan batu nisan, kijing. Jangan dituliskan segala macam gelar. Hanya tulislah Di sini Beristirahat Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Dan, kuburan itu kalau bisa di bawah pohon rindang.

Adapun soal tempat, itu macam-macam. Dalam salah satu surat cinta untuk Ratna Sari Dewi atau Hartini-istri-istrinya-Bung Karno menulis: “Aku ingin dikuburkan bersamamu.” Tapi, tentang perincian lokasinya ada di buku biografi Soekarno karangan Cindy Adams, yakni ingin dimakamkan di Jawa Barat, sekitar daerah Priangan. “Harus kelihatan ada sungai, gunung-gunung. Jadi, Bapak pesannya begitu,” ucap Guruh.

Setelah sakitnya mendadak menjadi gawat, Bung Karno diangkut ke RSAD Gatot Subroto pada petang hari, 16 Juni 1970. Ia meninggal pada Minggu, 21 Juni 1970. Rachmawati Soekarnoputri, putri Bung Karno, menceritakan kepada D&R, hari itu diadakan rapat keluarga dan semua sepakat Bung Karno bisa dimakamkan sesuai dengan testamennya, yakni dimakamkan di Batutulis.

Bahkan, Hartini dan Dewi bersama-sama memohon kepada Soeharto agar mengizinkan penguburan Soekarno di pekarangan rumahnya di Batutulis, sesuai kehendak Soekarno. Batutulis adalah rumah Soekarno tempat ia menjalani tahanan rumah pertama kali, sebelum kemudian dipindah ke Wisma Yaso di Jakarta.

Namun Soeharto-yang sedang pada tahap-tahap awal dalam mengonsolidasikan kekuasaannya-rupanya tidak ingin mendirikan suatu tempat ziarah yang terlalu dekat dengan Jakarta. Soeharto menolak permohonan itu.

Bukan hanya itu. Bahkan, menurut penuturan mantan Duta Besar RI di Moskwa, Manai Sophiaan, permintaan istri Bung Karno yang lain, Fatmawati, agar jenazah Bung Karno disemayamkan di rumah Jalan Sriwijaya, bukan di Wisma Yaso, juga tidak diizinkan. Alasannya: mau diberi upacara pemakaman kehormatan militer.

Sempat terjadi perundingan antara Hoegeng, Kepala Polisi RI, yang waktu itu bertindak mewakili keluarga Bung Karno, dengan Alamsjah Ratu Prawiranegara dan Tjokropranolo, asisten pribadi Presiden Soeharto, untuk memutuskan di mana Bung Karno dimakamkan.

Akhirnya, Soeharto sendiri yang memutuskan di Blitar, dengan alasan supaya dekat dengan makam ibunda Bung Karno. “Pihak keluarga waktu itu sempat bertahan agar tetap sesuai dengan amanah beliau (Bung Karno). Tapi keputusan di tangan pemerintah,” kata Rachmawati.

Ada yang menarik sehubungan dengan keputusan memakamkan Bung Karno di Blitar itu. Menurut Subayo Anam, mantan kepala biro penerangan Departemen Penerangan. sekitar pukul 07.00, 21 Juni 1970, disiarkan di radio Bung Karno wafat. Waktu itu, di Istana Negara diadakan sidang. Pak Harto memanggil Bung Hatta dan juga memanggil keluarga Bung Karno. “Cuma, saya tidak tahu apa yang dinyatakan oleh pihak keluarga, itu hanya mereka yang bisa menjelaskan,” tutur Subagyo kepada D&R.

Lalu mereka mengumumkan bahwa Bung Karno akan dimakamkan didekat makam ibundanya di Blitar. Kemudian juga akan diadakan upacara kenegaraan. “Begitu selesai pengumuman tersebut, langsung saja saya beritahukan hal tersebut kepada para wartawan bahwa Bung Karno akan dimakamkan di makam pahlawan,” cerita Subagyo, “waktu itu, wartawan menjadi ribut karena bagaimana mungkin seorang presiden yang meninggal dalam tahanan akan dimakamkan di makam pahlawan. Waktu itu kan ada pendapat yang mengatakan Bung Karno tidakboleh dimakamkan di makam pahlawan.” Karena Subagyo dianggap sebagai narasumber berita tersebut, ia dipanggil tim pemeriksa pusat. Ia ditanya, apa betul Bung Karno akan dimakamkan di taman makam pahlawan. “Saya mengatakan bahwa saya orang Blitar. Waktu ibunda Bung Karno meninggal, ia dimakamkan di taman makam pahlawan Taman Bahagia Sentul,” ujarnya.

Akhirnya, 21 Juni 1970 siang, Bung Karno dibawa ke Blitar. “Saya ingat benar ketika sampai di sana ada papan nama besar bertuliskan Taman Bahagia Sentul, memang tempat itu adalah makam pahlawan,” tutur Subagyo pula. Tapi, tidak lama setelah itu, makam tersebut ditutup. Para pahlawan yang sudah dikubur di situ kemudian dipindah ke Medukgerit. Ironisnya, makam pablawan itu dipindahkan dari Sentul dengan alasan sudah penuh. Dari tahun 1970 sampai 1979, makam Bung Karno tidak boleh dikunjungi orang dari Jakarta, kecuali masyarakat Blitar.

Pada awal 1970-an, makam Bung Karno dijaga tentara. Tak ada orang yang boleh mendekat, bahkan keluarganya sekalipun, kata Mat Sanuri, 44 tahun, penjaga makam yang sudah bekerja sejak 1972.

Baru pada 1978, makam itu dipugar dan dibangun, selesai pada 1979. Tepat pada haul Bung Karno, 21 Juni 1979, Soeharto meresmikan bangunan makam. Masih kata Mat Sunari, “Itulah pertama kali ia ke makam Soekarno, itu pun hanya untuk peresmian.”

* Bung Karno Marah

Apakah semua yang datang ke makam adalah soekarnois? “Ya, sebagian besar seperti itu,” kata Sutanto, tukang foto yang sudah sejak 1978 beroperasi di situ. Peziarah umumnya berasal dari berbagai macam kalangan. Warga keturunan Cina juga banyak yang datang.

Motif kedatangan para peziarah juga bervariasi. Pelajar asal Malang, misalnya, mau berekreasi. Para aktivis pro-Megawati merasa tak afdal jika datang ke Blitar tanpa berziarah ke makam Bung Karno.

Yang punya tujuan aneh-aneh juga tidak sedikit, lanjut Mat Sunari. Ada orang yang ingin hajatnya terkabul datang ke makam itu. Yang bermotivasi semacam itu umumnya berasal dari luar Kota Blitar. Bulan Agustus lalu, misalnya ada orang dari Bogor yang berpuasa selama 15 hari. Ada juga yang ingin dapat jodoh atau ingin rezekinya lancar.

Pernah ada peristiwa menghebohkan yang meramaikan makam itu, yakni soal foto makam Bung Karno yang menampakkan “kepala singa”. Peristiwa ini terjadi hari Rabu, 25 September 1996, saat Keluarga Besar Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia nyekar ke makam tersebut. Mereka mengambil foto makam Bung Karno.

Setelah foto itu dicetak terjadi heboh karena terlihat gambar kepala singa di batu nisan Bung Karno yang terbuat dari marmer itu. Hal ini tentu saja menggemparkan warga sekitar dan mengundang berbagai penafsiran.

Ada yang mengatakan “Bung Karno marah” karena saat itu tak lama setelah terjadinya Peristiwa 27 Juli: penyerbuan berdarah yang didukung pemerintah Soeharto terhadap markas Dewan Pimpinan Pusat PDI yang dikuasal kubu Megawati Soekarnoputri di Jalan Diponegoro, Jakarta. Ada juga yang beranggapan, potret kepala singa itu hanyalah efek fotografi karena pantulan cahaya lampu kilat dari bidang mengkilap yang bisa memunculkan gambar apa saja.

Yang jelas, kehebohan itu sendiri menunjukkan betapa berartinya keberadaan makam Bung Karno bagi masyarakat di Blitar. Bahkan, sesudah matinya, nama Bung Karno masih jadi andalan untuk mencari penghidupan oleh rakyat setempat. Sepanjang jalan menuju makam terlihat banyak pedagang suvenir berjajar di pinggir jalan. Mereka menjual kaus, tas, asbak, kalung, dan beragam hasil kerajinan tangan bikinan warga Blitar.

Makam Bung Karno sendiri tiap harinya dijaga 12 orang. Ada yang bertugas menjaga kebersihan taman, makam, dan yang menjaga kantor. Semuanya digaji oleh Pemerintah Daerah Blitar. Ada yang digaji harian, ada juga yang bulanan, tergantung masa kerjanya. Sunari sendiri, sekalipun sudah bekerja sejak 1972, baru diangkat sekitar 10 tahun lalu sebagai pegawai pemerintah daerah, dengan gaji Rp 350.000 per bulan.

Soekarno pada akhirnya memang terlalu besar untuk bisa dikecilkan.

Satrio Arismunandar/Laporan: Rachmat H. Cahyono, Reko Alum (Jakarta), dan Abdul Manan (Surabaya)

D&R Edisi 980926-006/Hal. 22 Rubrik Sejarah

36 Tanggapan to ““Kepala Singa” di Makam Bung Karno”

  1. Zhafirun Says:

    Memang benar. Bung Karno sudah terlalu besar untuk dikecilkan.
    Wah, sudah banyak sekali dosa dan kejahatan yang dilakukan rezim Soeharto, termasuk menolak permintaan almarhum Soekarno, yang jelas-jelas haram. Soeharto memang jahat dan tidak pantas disebut sebagai salah satu pahlawan bangsa!
    Pantas saja Soeharto jatuh secara tidak hormat pada 1998. Seandainya Indonesia tidak pernah dipimpin Soeharto, bangsa ini tidak akan pernah pula merasakan berbagai kekejaman dan kemunduran.

  2. saya setuju dgn comments zhafirun. Bung Karno memeng sudah terlalu besar untuk dikecilkan. Dan memang benar, si Soeharto jahat, sadis, bengis dan tidak pantas di sebut pahlawan indonesia…makanya skg dia gk sehat-sehat…berat dosanya!

  3. Soekarno memang hampir tidak ada duanya di Indonesia. Ia mempunya pemikiran brilian yang belum pernah ada dalam benak orang lain sebelumnya. Andai saat ini ada orang Indonesia yang punya pemikiran dan berjiwa nasionalisme seperti Soekarno, saya yakin bangsa Indonesia tidak bakal mengalami kemunduran. Sekarang ini politisi-politisi di Indonesia lebih banyak berebut kekuasaan untuk menambah pundi-pundi keuangannya. Soal apakah bangsa Indonesia akan melarat, itu nomor belakangan. Kalau perlu, para politisi itu menjual dan mengatasnamakan nama bangsa Indonesia dan rakyat Indonesia demi kepentingan pribadi dan partainya. Kasihan kita sebagai rakyat yang selalu dibohongi oleh orang yang merasa sok pintar. Mereka bisa berkuasa karena punya power dan banyak duit saja.

  4. saya kagum dg kepribadian Bung Karno.Memang ada sisi tertentu yang dapat dijadikan teladan tapi di sisi lain tak bolah lah kesombongan itu terlalu.ketika wafatnya Bung karno terlihat betapa tak kuasanya beliau…

  5. Kapan akan muncul Soekarno-soekarno baru…kita sudah lelah dengan penderitaan ini, PEJABAT YANG MARTABAT RAKYATNYA KOK MALAH JADI MELARAAAAAAAAAAAAAAT…Soeharto kayak Raja Jawa “DIAM TAPI PINTER SILAT”, Habibi Pinter tapi Pulo Satu Hilang…Gusdur Berani, Pemersatu Bangsa..Agama dan Suku Tapi Sayang Kesehatannya….Megawati Mlempem Malah Dua Pulo di Kasih Orang, SDA di jual…Susilo Bambang Yudho Yowo Banyak Pemikiran Realisasinya Mengacu Pada Angka Jauh Pada Kenyataan dan Fakta.
    Maaf Bila kata-kataku Menyinggung Pihak terkait tapi itu Fakta yang harus disdari dengan sesadar-sadarnya……

  6. Saya sangat mengagumi bahwa Putra Bangsa yaitu Bung Karno bisa mengharumkan Indonesia dikancah Internasional, walaupun pada waktu itu Bangsa Indonesia masih diselimuti gejolak Internal Bangsa. Beliau dapat dijadikn teladan bagi putra putra Bangsa yang dalam hal ini para Pemimpin muda yang ingin meneruskan perjuangan Bangsa Indonesia untuk mengentas Kemiskinan yang sudah 62 tahun. Ibu Pertiwi kita menangis, Ibu Pertiwi kita terharu melihat Indonesia yang mengalami gejolak alam yang sangat dahsyat , itu merupakan peringatan bagi kita semua terutama para Pemimpin Bangsa yang memperkaya diri sendiri dan tidak melihat bagaimana rakyatnya. Apakah kita bertanya pada rumput yang bergoyang ? Apakah kita pantas menanyakan mengapa Ibu Pertiwi menagis ? jawabanya adalah Nurani…………. & Kesucian Hati………….. !

  7. Saya sangat kagum dengan Bung Karno, karena beliau rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia (rakyat Indonesia) dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan. Beliau (Bung Karno) adalah Presiden RI yang pertama yang paling tegas, bijaksana, adil, jujur, dan berhasil dalam memerdekakan Indonesia. Bung Karno perlu kita jadikan suri tauladan bagi kita selaku orang Indonesia. Presiden RI yang perlu kita tauladani selain Bung Karno yaitu KH. Abdurrahman Wachid. Sedangkan kalau Presiden RI yang lainnya…..Emm….Jauh…..! Dari ketauladanan seperti yang telah dilakukan oleh Bung Karno dan KH. Abdurrahman Wachid. Kenapa kalau ada pemimpin yang terpuji di negara kita ini selalu mendapat perlakuan yang kurang SEHAT….!? Ini perluh diRENUNGKAN….!? Apakah yang tidak jujur takut KALAH…DAN TAKUT TERSISIH…!!

  8. Bung Karno, pernah mengucapkan ; Hidup adalah manfaat ! Dalam makna yang sangat positiv. Tapi disalahkan artikan oleh sebahagian personal dalam ‘REZIM ‘. Dan satu-satu dari mereka termakan oleh KARMAnya sendiri. Hal tersebut menunjukan salah satu Kebesaran Sang Pencipta.

  9. mengapa hanya menyajung sukarno tanpa ada yang mengkritik tentang sepak terjang dan trik trik kotor yang dilakukan terhadap aceh yang dengan menangis datang ke Daud buereh utnuk mohon bantuan untuk berjuang melawan kafir belanda tapi setelah berhasil merdeka Aceh malah ditindas,belum lagi masalh tek proklamasi yang asli ,masak hal sepenting tek proklamasi yang di konsep oleh BPUPKI ketinggalan dan kemudian diganti oleh coret coretan tangan dia sendiri, menurut saya ini adalah hal kesengajaan, biar dikemudian hari seolah olah hanya dialah yang berjasa untuk indonesia dengan meninggalkan tim yang ada di BPUPKI, betapa licik dan culasnya dia untuk bisa menduduki jabatan presiden dengan cara yang kotor.

    • rahmita Says:

      bukabuka lagi buku sejarah bung…
      jangan lihat darii sisi negativnya saja,soekarno juga berjuang ..
      dan pantas menjadi presiden,,
      oke,jika beliau pernah mmbuat kesalahan,tpi cb pikir presiden yang lain jga pernah buat kesalahn toh bahkan merugikan bangsa kita,,
      knpa anda tidak protes juga ??

  10. Ir.Soekarno adalah Bapak Pendiri dan Proklamator Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Beliau selalu terendap di setiap sanubari rakyat negeri ini yang mengingikan Negara ini menjadi Negara yang Maju , Aman dan Tenteram.Walaupun beliau sudah tiada namun semua pasti masih ingin Negara ini dipimpin kembali oleh seseorang yang nantinya seperti beliau yang dimana bukan memperkaya diri sendiri.Beliau adalah PENYAMBUNG LIDAH RAKYAT dan PELAYAN BAGI RAKYAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA.
    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. SOEKARNO BAPAKKU…

    FOREVER…!!

  12. dewantoro Says:

    he said : “aku adalah budak bagi rakjat ku, aku dipuja bagai dewa dan dihujat bagai bandit!..”

  13. bung karno salah satu orang yang di segani di mancanegara,dan beliu memimpin dengan bijak dan tidak memikirkan diri sendiri.dan tiada duanya di indonesia,seharusnya politisi-politisi sekarang bercermin apa yang akan saya lakukan untuk seluruh rakyat indonesia sebagai penerus perjuangan bungkarno untuk seluruh rakyat indonesia.jangan berpolitik busuk hanya untuk kekuasaan,kepentingan pribadi,kepentingan partai.

  14. devi an'g bali Says:

    mau gimana pun sukarno adalah orang yang sangat berharga bagi bangsa ini,jika tidak ada beliau apakah mungkin bangsa ini bisa merdeka?

  15. Ragil Wajito Says:

    Bung Karno memang hanya istirahat….., maka tidak diberi kijing/nisan. Sungguh luar biasa suatu pesan kiasan yang disampaikan Bung Karno kepada Putra-putrinya. ” Disini beristirahat Bung Karno penyambung lidah rakyat indonesia ” (Jkt, 14 Feb 2010 )

  16. Allah telah menganugerahkan 1 putra bangsa terbaik di negeri ini yaitu mohammad soekarno sbg pemimpin bangsa yang membawa bangsa ini menjadi merdeka dan di akui oleh internasional.beliau adalah seorang wali Allah dan soeharto tlh berbuat semena-mena terhadap beliau dan Allah tidak terima dgn itu.semoga kepemimpinan beliau suatu saat ada yang menggantikannya di negeri yg kita cintai ini,Amin.

  17. bung karno itu org yg sdh matang lahir dan bathinnya
    sebelum mereka memanipulasi beliau, oleh bung karno sdh di manipulasi duluan. dia adalah raja, raja yang susah di aniaya..

  18. m.alfian h. Says:

    dulu q perna ke sana pas thn 2009 ama tmen2 sd ama ortu nya juga donk….. denger2,batu nissannya digeser 1 meter end katanya makam bung karnonya mw diluaskan???apa bner tmen2???????

  19. Qcinta Bung Karno…..
    Q suka TRISAKTI yg dibwatnyaa…
    Mga ALLAH menerima Amal baiknyaa…
    Mga ALLAH Mengampuni segala kekhilaffannya…
    Moga Indonesia Bisa kembali seperti dlu…sma seperti yang terucap dalam kata2 bung karno…”Negara berdiri dengan kaki sendiri”
    mga pemimpin2 indonesia yg kan datang sadar akan perjuangan Bung karno dan kawan2…serta melanjutkan pemerintahan yg adil dan tanpa adanya KORUPSI…dan menjunjung tggi TRISAKTI…Merdeka!!!!!

  20. bung karno…Presiden Terbaik Didunia….dan sampai kapanpun…gak ad yg bisa menandingi ataupun menyamainya….gak ada yg bisa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Org No 1 yg dipunyai INDONESIA,…….
    tanpa dia…..
    gak mungkin ad INDONESIIA……

  21. Ridwan Langkat Says:

    Mohon ijin ya mas Abdul Manan dkk karna tulisan yang sangat bagus ini saya pergunakan untuk membuat ringkasan tentang kisah bung karno.
    Semoga dapat bermanfaat. amiin

  22. Muhammad W Says:

    Aku sangat mencintai istri dan anak2ku, tetapi aku juga sangat mencintai bangsa dan negaraku. seandainya aku harus memilih, aku memilih bangsa dan negaraku. (soekarno)

  23. Muhammad W Says:

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannnya. (Soekarno). Akan tetapi SANG BAJINGAN KEPARAT ASU CELENG BANGSAT SOEHARTO TELAH MEMBUNUH BAPAK NEGERIKU SOEKARNO. Semoga Allah, swt tidak mengampuni dosa dosa SOEHARTO dan semoga pada saat ini sedang menjalani SIKSA KUBUR…….. AMIIIIIIIIIN YAAA ROBBAL ALAMIIIN………

  24. soekarno memang is the best ..semoga Alloh swt mengampuni dosa-dosanya dan menerima amal ibadahnya…serta memberikan ganjaran yang setimpal kepada orang-orang yang sudah menyakiti soekarno

  25. kAYUN SUPRAPTO Says:

    soekarno, presiden ri, PERTAMA, sOEHARTO PRESIDEN RI YANG KEDUA. SEMUANYA AMA SAMA MANUSIA. mANUSIA DALH MANUSIA, TIDAK LEPAS DARI KHILAF. TERLEPAS PRO DAN KONTRA TENTANG SOSOK KEDUA KEPALA NEGARA KITA, BELIAU BELIA SEMUA ADALAH SANGAT BERMAKSUD BAIK DEMI UNTUK BANGSA DAN NEGARA MEWUJUDKAN KEINGINAN RAKYATNYA YANG ADIL MAKMUR. SINGKATNYA SEMUANYA INGIN SEMUA BERBAHAGIA SESUAI CITA CITA SEMUA MANUSIA. OLEH KARENA ITULAH MARILAH KITA AMBIL MKSUD BAIK BELIAU BELIAU, DAN KITA BUANG HAL HAL YANG TIDAK SEUAI DENGAN CITA CITA BELIAU SELAKU KEPAL NEGRA. “saya secara pribadi berpendapat sesuai dengan ajran leluhur kemanusiaan bangsa kita bahwa kalau kit ingin selamat dunlia akherat, marilahita bekepribadian 10. bertaqwalah kepada Tuhan sang Pencipta kita semua, 2}, BERBAKTILAH KEPADA KEDUA ORANG TUA KITA, MENGHORMATI KEPADA GURU GURU KITA YANG MEMBIMBING KITA BERILMU,4) Hormatilah sang pemimpin kita yang meengajak kita dalam bermasyarakat dan berbangsa damai.

  26. Eka susanto Says:

    jasamu sungguh besar bagi indönesiaku

  27. Soekarno (Putera Sang Fajar), walaupun banyak kontroversi seputar kehidupannya, namun tetap tak dapat dipungkiri bahwa dia lah salah satu putra terbaik yg pernah di miliki oleh bangsa ini. Pemikirannya yg brilian serta kemampuannya memahami semua ideologi, membuat dia mampu menelurkan suatu faham/ideologi yg bagi sebagian orang mustahil, namun bagi sebagian yg lain sangat mutlak diperlukan bagi bangsa Indonesia pada saat itu, Namun sayang, ternyata sejarah tidak berpihak pada beliau….

  28. KITA SEBAGAI ANAK BANGSA, BELIAU ADALAH BAPAK KITA YANG TELAH MENCURAHKAN SEGALA-GALANYA BAGI KEMAKMURAN RAKYATNYA, BAGI KITA SBG ANAK DARI SEORANG BAPAK JANGAN HANYA BISA MENYALAHKAN TETAPI TAULADANI APA-2 YANG PATUT DITAULADANI DARI KIPRAH MEREKA DAN BUANG JAUH-JAUH APA YANG KURANG PATUK UNTUK DITELADANI, BUKANKAH MEREKA MANUSIA BIAYA SEPERTI KITA… OKE….?

  29. Clara Christiana Says:

    KAU LAH BAPAK PROKLAMATOR KU

  30. sy ingin ia datang lg semoga indonisia.. maju semoga kemikinan di tanah kt,setelah merdeka nm smpe skng gak ada lg semoga bapa……datang lg rakyat semakin mendirita semenjak bapa,gak ada

  31. Yg penting sekarang adalah melanjutkan perjuangan beliau,hangan pernah melupakan SEJARAH DANA REVOLUSI,yaitu tentang 57.150 ton emas yg ada di Amerika adalah hak milik bangsa INDONESIA.yg mana bangsa Indonesia,apakah termasuk yg gelandangan dipinggir jalan,iya,termasuk gelandangan dan pengemis Indonesia adalah pemilik dana revolusi.sumber,cari di google,ketik,THE GREEN HILTON AGREEMENT.

  32. Yg penting sekarang adalah melanjutkan perjuangan beliau,jangan pernah melupakan SEJARAH DANA REVOLUSI,yaitu tentang 57.150 ton emas yg ada di Amerika adalah hak milik bangsa INDONESIA.yg mana bangsa Indonesia,apakah termasuk yg gelandangan dipinggir jalan,iya,termasuk gelandangan dan pengemis Indonesia adalah pemilik dana revolusi.sumber,cari di google,ketik,THE GREEN HILTON AGREEMENT.kesepakatan antara JFK dan Bungkarno itulah motif dibunuhnya JFK dan digulingkannya Bungkarno oleh CIA

  33. ahmad_atek24 Says:

    bapak proklamator kita adalah beliau , jadi kita harus meneladani kegigihan beliau dalam mempertahankan negara kita ini . kalau tidak ada beliau kita tidak mungkin hidup sampai tentram seperti sekarang

  34. ahmad_atek24 Says:

    kita sebagai warga negara tidak boleh melupakan jasa ” beliau ……………………………………………………………………..

  35. Tri Jumbo Says:

    Dari rakyatmu yang selalu mendoakanMU wahai para putra terbaik bangsa dan para pahlawan bangsa. Semoga ALLAH memberi imbalan atas jasaMU wahai para putra bangsa dan pahlawan bangsa dan semoga ALLAH mengampuni dosa yg telah engkau perbuat AMIN… karena Manusia tempatNYA salah dan dosa kebenaran hanyalah milik ALLAH. Yang lalu biyarlah berlalu. YaALLAH tolong tunjukanlah para pemimpin NKRI yang sekarang kejalan yg engkau ridhoi ya ALLAH. AMIN…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: