Gereja dengan Haji dan Salat

Geraja Ortodoks Syria muncul di Indonesia sebagai upaya pendekatan kerukunan antar umat beragama.

JANGAN heran jika suatu saat Anda menemukan sebuah gereja de ngan simbol-simbol berbahasa Arab, yang biasanya ditemui pada masjid dan musala. Mereka juga melakukan salat (dengan istilah salat juga) dengan memakai peci bagi pria, dan kerudung bagi kalangan wanita.

Yang membedakan dengan umat Islam terletak pada cara salatnya. Juga kitab suci yang dipakainya. Mereka melakukan gerakan tanda salib dan membaca Bibel dalam ibadahnya. Ini terungkap di Heritage Club, Surabaya, Sabtu, 5 September, dalam acara pengukuhan pengurus Lembaga Studi Kanisah Ortodoks Syria dengan gelar “Seminar Prospek Persahabatan Kristen-lslam di Indonesia”. Acara yang cukup menarik itu dihadiri sekitar 300 orang, yang justru 60 persen beragama Islam. Pengenalan ini dilakukan, menurut panitia, untuk menjembatani hubungan antar-agama, terutama aotara Islarn dan risten.

Hal semacam ini bisa juga dijumpai setiap hari Minggu, di bilangan Kalimalang, Jakarta Timur. Di rumah aktor terkenal Roy Marten itu, sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.00 siang, dilakukan kebaktian Minggu.Sekitar 150jemaat Gereja Ortodoks Indonesia melakukan kegiatan sejak tahun lalu di ruangan seluas sekitar 100 meter persegi. Mereka dibimbing Romo Archimandrit Daniel Bambang Dwi Byantoro.

Acara diawali dengan memasang lilin di ruangan depan yang disebut Bahtera. Lalu, wanita dan laki-laki dipisahkan pada tempat tersendiri. Bagi wanita ditandai ikon Maria sedangkan pria ditandai ikon Yesus. Mereka tidak duduk di bangku, tapi berdiri di atas sajadah, dan membaca Injil. Yang pria mengenakan peci dan wanita memakai kerudung. Sang imam mengenakan jubah panjang warna-warni, kepalanya ditutup epitakheli (stola), bergelang tangan, serta mengenakan berbagai aksesori yang semuanya memiliki arti. Sebelumnya, semua jemaat melakukan penyucian diri dengan air, semacam wudu.

Acara berlangsung khidmat tanpa alunan musik. Doa-doa dilafalkan dalam bahasa Indonesia. Lalu, ada juga arak-arakan keci yang disebut athawafis shughra (tawaf ke cil). Selanjutnya, acara di lituragi yang lain ber langsung dalam bahasa Arab, yang kemudian diterjemahkan. Ya, ini mengingatka orang pada pengajian dimasjid bagi umat Islam. Dan, acara ini disudahi dengan jamuan kudus. Mereka menamakan diri Gereja Ortodoks Indonesia yang berafiliasi ke Yunani (Calcedon). Sementara itu, kelompok jemaat semacam yang berpusat di Malang menamakan diri Gereja Ortodoks Syria (Anthiokia).

Memang, lambang-lambang keagamaannya hampir mirip dengan Islam. Misalnya, untuk bacaan basmalah, mereka menggunakan bismil ab wal ibn warruhil qudsi al ilah al wahid yang bermakna: dengan nama Tuhan bapak, anak, dan roh kudus, Tuhan yang satu. Akan halnya untuk salam, mereka menggunahan salam Ibrani yang berbunyi shalom aleikhem we birkat elohim be shem ha-mashiah, yang artinya kurang lebih sama dengan assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa baraktuh.

Gereja ini tiba-tiba menjadi unik apalagi dengan pengakuan sebagai gereja yang paling murni dalam mengikuti ajaran Yesus Kristus. Mereka menganggap sehagai gereja monumen Kristus sepanjang abad. “Kita hanya mengenal satu Tuhan. Jadi, ada konsep tauhid seperti yang ada dalam Islam,” kata Henney Sumali, Wakil Ketua Bidang Seni, Budaya, dan Apresiasi Studia Syriaca Orthodoxia, Surabaya.

Kalimat tauhid ini selalu dibaca dalam salat mereka yang dikenal dengan nama assab ‘us shalawat (tujuh waktu salat). Memang, mereka mengenal salat tujuh waktu. Lima waktu sama persisdengan waktu salatumatIslam. Hanyadua waktu yang berbeda, yaitu pukul 09.00 pagi hari dan pukul 24.00 tengah malam. “Ini sama dengan salat duha dan tahajud bagi umat Islam,” kata Henney.

Diakui oleh Syaikh Efiaim Bar Nabba Bambang Noorsena, pimpinan Gereja Ortodoks Syria, dalam makalah yang disampaikan pada Syiar Injiliyah di Hotel Surabaya, 19 Juni 1998. Salat dalam Kristen sebenarnya mengikuti salat yang berlaku dalam Yahudi, yaitu tiga kali: petang, pagi, dan tengah hari. Dalam bahasa Ibraninya disebut: ‘erev wa boker we tsohorayim. Atau, dalam bahasa Arabnya disebut: Puasa’an wa .subhanda dhuhran. Namun, seperti dimuat Talmud, setelah penghancuran Baitul Maqdis dan eksodus ke Babilonia, ditetapkan satu waktu salat lagi, yaitu jam kesembilan, yang disebut minhah. “Menurut hitungan waktu Yahudi, kira-kira pukul tiga petang. Sejajar dengan waktu asar dalam Islam,” kata Noorseno. Dan, selanjutnya berkembang menjadi tujuh waktu.

Salat-salat mereka adalah salat sa’atul awwal yang dalam istilah gereja Latin disebut laudes (salat subuh), salat .saatut atau hora tertia ( salat duha, sekitar pukul 09.00 pagi), salat sa tu.s .sadis atau hora sexta (setara dengan waktu duhur), salat satut tis’ah atau minah atau hora nona (yang setara dengan asar), salat sa’atul ghurub atau verper (salat magrib), salat nawm, atau virgi/ (sama dengan salat isya), dan salat layl atau salat satar atau copletorium (salat tengah malam yang dalam Islam dikenal dengan nama tahajud.

Namun, diakui Noorseno salat dalam konsep Kristen ini tidak terkait dengan syariah, seperti dalam Islam. “Melainkan lebih berlandaskan pada keinsafan batin,” katanya. Ini, menurut Presbyter Daniel Bambang, dilakukan hukan untuk mencari pahala. Tapi, untuk mengasihi Tuhan. “Karena, yang menyelamatkan manusia bukan karena perbuatan dan amal baik seseorang, melainkan karena kasih dan karunia Allah.”

Setiap salat terdiri dari tiga rakaat (satuan gerakan). Pada rakaat pertama hanya dilakukan qiyam (berdiri). Pada rakaat kedua dilakukan rukuk, dan sujud. Pada saat rukuk dan sujud ini dilakukan gerakan tanda salib. Dan, doa yang digunakan dalam bahasa Arab, Aram, Yunani, dan Ibrani. Lalu dibacakan pujian (qari’ah) yang dikutip dari kitab Mazmur. Pada rakaat ketiga dilakukan pembacaan kanun al imam, semacam pengakuan kepada Tuhan (syahadat) yang dikenal dalam Cereja Ortodoks.

Tak hanya itu, sebelum salat ditunaikan. ada semacam azan, panggilan untuk salat. Dalam panggilan salat ini ada kalimat yang mirip dalam Islam, misalnya hanya alashalah (marilah kita salat). Hayya alassalah bisa/am (marilah kita salat dengan damai). Dan, sebelum acara salat dilakukan, diawali dengan pembacaan Injil.

* Menghadap ke Timur

Pada saat salat, mereka menghadap ke timur, mengikuti tradisi Yesus yang kala itu menghadapkan kiblat salatnya ke Baitul Maqdis, Jerusalem. Namun, karena Jerus;llem hancur, orang-orang Kristen menjadikLm tubuh Jesus sendiri sebagai kiblat. Hanya karena tubuh Jesus kini di surga (istiwa all yaminillah), sesuai dengan Ayat Kejadian: 28, yang menyatakan surga di timur. salat mereka menghadap ke timur.

Tak hanya itu persamaan dengan Islam. Tenyata mereka juga mengenal haji. Ibadah hji ke Palestina ini termasuk ibadah non-sakramen, seperti juga salat, zakat persepuluhan, serta puasa. Berdasan Kitab Ulangan 16: 16-17 disebutkan hag atau haji dilakukan ke tanah suci Palestina menjelang Pekan Kudus (perayaan Paskah). tiga kali dalam setahun. Dan. sepulangnya, setiap orang Kristen Ortodoks mendapatkan sertifikat dari Patliauk Jerusalem dengan sebutan hadzi (untuk pria) dan hldzina (untuk wanita).

Pusat Gereja Syria ini terletak di Jalan Supriyadi IXA Nomor 8. Malang, Jawa Timur. Hanya, mereka belum memiliki gereja. Di Surabaya sendiri mereka masih nebeng dengan gereja lain. Mereka menerima pembagian kapling waktu hari Senin. Sebab, membentuk gereja bagi kalangan ortodoks tidak semudah kalangan lain. Diharuskan memiliki iman yang meraka sebut dengan abuna (ayah kami). Hampir mirip pada sebagian tradisi kita yang menganggap kiai dengan abuya (ayahku). Padahal, menjadi seorang abuna tiduk mudah. Harus menguasai lima bahasa: Arab, Aram, Ibrani, Yunani, dan Inggris “Dan, mereka dididik di Syria untuk menjaga kemurnian ajaran ini,” kata Henney.

Masuknya Gereja Ortodoks Syria ini diawali dari perjalanan pendeta Bambang Noorseno ke Syria. dan sempatat melakukan studi agama di negara Hafic Alasat sekitar tahun 1995. Noorseno yang juga termasuk intelektuL muda Kristen itu antara lain menulis buku sangggahan atas karya Maulice Bucaille yang terkenal, Quran Bibel, sains moderen ini sempat pulal melihat arsip-arsip kuno yang masih tersimpan dalam Gereja Ortodoks Syria atau yang dikenal dalam bahasa Arab: Al Kanisat Anthakiyat AS SUI Yan AI Orhodokssiyyat Yang Sebagian besar naskah ditulis dalam bahasa Aram bahasa yang yang dipercaya sebagai bahasa yang dipergunakan Isa Almasih Noorseno sempat pula berdiskusi tentag naskah-naskah yanghampir tak pernah disentuh gereja Barat ini dengan Abuna ‘Isa Ghubuz, Ketua Syrian Ortodok Seminary di kawasan Bab Thoma. Damaskus Apalagi, tuduhan-tuduh miring tentang gereja ini banyak dilontarkan gereja Barat yang haya melandaskan informasi sepihak

Padahal, menurut Noorseno dalam orasi ilmiahnya yang disampaikan pada peresmian Yayasan Kanisah Ortodoks Syria yang berjudul Jalan Panjang ke Anthiokia: Kembali ke Akar Kekristenan Semitik Mula-Mula (Sebuah Perseptektif Ortodoks Syria), 11 Desember 1997, Gereja Syria berdiri pada tahun 40. Rasul Petrus sendiri yang menjadi uskup pertama Anthiokia. ..

Kehancuran gereja itu terjadi pada tahun 451 ketika kekuasaan Byzantium mencengkeram Anthiokia dengan memaksakan Konsili Kalsedon. Gereja Anthiokia didukung Gereja Koptik di Mesir, sehingga dua patriark dua gereja ini dibuang. Kekaisaran Byzantium mengganti patriarknya dengan Paulus. Tapi, dua tahun kemudian ia dipecat dan digantikan Auphrosius bin Mallah yang ikut meninggal dalam kebakaran Kota Anthiokia. Lalu, Kaisar Justinus I mengangkat Gubernur Anthiokia sendiri sebagai patriark. Makin kacau. Gereja Anthiokia baru menemukan sosoknya kembali setelah tahun 543 dengan ditahbiskannya Mar Ya’qub Bar Addai. Hingga tahun 550, ia berhasil menahbiskan 27 uskup dan lebih 100.000 imam. Inilah yang dalam konsili ketujuh gereja Yunani disebut bidat Ya’qubiyah (Jacobite), yang danggap monofisit, yang menganggap Yesus hanya bersifat ilahi dan menyangkal kemanusiaannya. “Padahal, ajaran monofisit dalam artian demikian itu sebenarnya tidak pernah ada dalam sejarah,” tulis Noorseno.

Gereja Ortodoks ini, menurut Funk & Wagnall, dipeluk sekitar 250 juta jiwa. Ia merupakan salah satu dari tiga pilar Kristen di dunia: Katolik, Protestan, dan Ortodoks. Mereka besar di Mesir (Koptik), Libanon (Maronit), Syria, Jerusalem, Rusia, Serbia, Yunani, dan Turki. Kaum ortodoks menganggap paling dekat dengan tradisi Yesus. Liturginya telah dikukuhkan dalam tujuh kali pertemuan para patriark antara tahun 325 hingga 787 di Kota Nicaea, Constantinopel, Ephesus, dan Calcedon.

Gereja Ortodoks pernah singgah di Nusantara, yaitu Gereja Ortodoks Persia pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Begitu juga Gereja Ortodoks Armenia pernah ada pada zaman Belanda. Gerejanya yang bernama Gereja Santo Johannes Pembaptis dahulu terdapat di Jalan Thamrin yang kini menjadi gedung Bank Indonesia. Namun, belakangan, gereja ini muncul kembali setelah Daniel ditahbiskan menjadi pendeta pada tahun 1988 di Mojokerto, Jawa Timur. Tahun 1991, gereja ini tercatat di Departemen Agama sebagai Gereja Ortodoks Indonesia. Gereja ini memiliki sekitar 1.000 anggota yang tersebar di Jakarta, Solo, Mojokerto, dan Cilacap.

Sekitar tahun 1996 mengalami “perpecahan” dengan tampilnya Bambang Noorseno sebagai syaikh untuk Gereja Ortodoks Syria, dengan anggota yang masih terbatas, sekitar 250 orang. Namun, gereja ortodoks pimpinan Noorseno ini belurn terdaftar di Departemen Agama. “Lagi pula nama sebuah gereja tidak boleh dikaitkan dengan nama sebuah negara,” kata Drs. Yan Kawatu, Dirjen Bimas Kristen Protestan Departemen Agama RI.

M.H., Titi A.S., dan Abdul Manan Surabaya

D&R, Edisi 981003-007/Hal. 38 Rubrik Agama

36 Tanggapan to “Gereja dengan Haji dan Salat”

  1. Kopet Ranger Haha Berkata

    komentar saya gak ada hubungannya dengan artikel di atas..saya cm pingin ngomongin uneg-uneg saya soal haji dan kehajian di indonesia, begini…
    Biasanya kita denger soal penyakit masyarakat, yang ada di pikiran kita ya kalau ngga miras, judi, narkoba ya prostitusi…
    sebetulnya ada lagi penyakit masyarakat yang kronis dan mewabah…
    Gelar Haji sebagai simbol status sosial!!!
    Itu penyakit paling parah! mana ada di dunia ini selain orang indonesia yang memakai gelar Haji di depan namanya..Rosulullah pun tidak..pernah denger nama H. Ahmadinejad? atau H. Saddam Husein..ngga ada tuh!!!
    sakit!! sakit!! modar!! modar!! dasar Hajingan!

  2. wah dasar kowe pet. Menghina para haji. Emang ada larangan memakai gelar haji. Niat orang siapa yang tahu. ente kagak boleh memvonis kayak begitu. Bener-bener gak tau akhlak.

  3. yo wess lah, wong memang muhammad itu ahli ekonom, jadi banyak yang mo naik haji, sekalian ngunjungi batu hajar aswad yang dihuni 8888 jin.
    yang penting bukan jin kartubi kayak di ceritera komik…….he,,,,,….he…..he

  4. tul bro, loe kagak bleh vonis dulu, gelar haji tukan bukan dia nya yang bkin tp karna enk aja manggilnya, lom tentu org ysb mo dipanggil pak haji atw bu haji, tp karna keseringan dipanggil ama org ya apa boleh buat lho, mao gmana lagi, emg kita mesti ngelarang, atw bkin pengumuman, ya apa salahnya klo org mo manggil kta pke sebutan itu, yang ptg baik aja dech artinya ketiombang loe yang memvonis org kagak jelas, hehehehehe….. sorry bro ini menurut gw sich, perbaiki doeloe akhlak loe bru loe ngomong, cermati makna hidup n pandangn hidup ini lebih bijak

  5. Masya Allah, emang Yang memberi ajaran 1, makanya banyak persamaan, setelah manusia menyimpang dari ajaran yang diturunkan melalui Nabi Musa A.S, di-updated melalui Nabi Isa A.S, terakhir di-updated dan disempurnakan melalui Nabi Muhammad S.A.W….
    Salam.

  6. yesus lover Berkata

    Bagaimanapun Yesus Kristus / Nabi Isa A.S. adalah merupakan milik semua orang yang memang mengenalnya…Dia tidak cuma berada di dalam sebuah institusi agama / Gereja…tetapi dia adalah pribadi tersendiri, and…i love him

  7. LaDy PuMpkiN Berkata

    Hmm,,Q heraN…
    naPa yaH kOQ ada2 aJaH ajaRaN peNggabungaN ini…
    aPakaH maNusia udaH pesiMis saKiNg biNguNgnya meNcaRi mana ajaRaN yg bNr,,Lantas maeN gaBuNg ajaH?
    ada2 ajaH….
    padaHaL sMua ajaRaN agaMa tuw beNeR,,ga ada yang paling baiK..
    smua SaMa…..
    TinggaL piLiH diMaNa kenyamanan aNda masuK dLm suaTu agaMa…
    LaH woNg aQ ajaH ga pny staTus agaMa yg jelas,,tP Q teteP yaKiN adanya TUHAN.
    Mg2 Q bs DpTiN agaMa yg nyaman buat Q…

    • Weitz !
      Omongan anda salah besar .
      Setiap agama pasti mengangap agamanya lah yg paling benar .
      Dan dalam agama saya (ISLAM), tidak ada yg namanya penyamarataan agama ..
      semua agama adalah satu .
      Pilih agama bukan seperti memilih pakaian, hal yg utama adalah KEPERCAYAAN .

  8. Bwt saya pribadi, memang sy dr kecil sudah kristen orthodoks, dibapatis di advent, dibapatis kembali di HKBP, kemudian lama bergereja d GPIB, ga ada yg salah dengan sebuah institusi keagamaan, pribadi kitalah yg berTuhan(beriman) institusi merupakan wadah kita mempelajari ttg keTuhanan(obervasi, interpretasi, dan aplikasi) secara tpt tanpa ada berlebihan. Semakin Kita menganggap diri kita beriman semakin besar kita dalam jurang kesesatan. Only God Know Who’re the truly.

  9. salam alaykum.
    Saya seorang muslim, dan saya melihat ada Jemaah Kristen Ortodoks Syiria di Indonesia sangat memperkaya Indonesia, dan saya bisa mengambil hikmahnya bahwa seorang yang berbahasa Arab belum tentu seorang muslim, karena banya mereka yang berbahasa Arab adalah seorang Kristen atau penganut Yudaisme, dan memang pada dasarnya agama mucul berasal dari Timur Tengah, dan memiliki akar sejarah yang sama dan yang membedakan hanyalah masalah liturginya saja. Ini sebuah perkembangan yang cukup baik dan juga agar umat Kristen Indonesia yang berlatar belakang bukan Ortodoks Syiria tidak memandang bahwa itu sebuah bid’ah tapi inilah Kristen Arab yang di Indonesia, subhanallah!
    wassalam.

  10. Wahhh ht sy sangat berbahagia…, krn diskusi ini. Dikalangan kristen sendiri Kristen ortodoks ini krg bs ditrima krn dianggap bida’at baru. karena kesenjangan informasi yg sampai k Indonesia ini. sbenarnya Kristen orthodoks ini liturginya merupakan tata cr yg diajarkan Paulus sebagai penyebar agama kristen. Di kristen scr tidak sdr Ada pernyataan Pengakuan di buku kidung jemaat yg di sebut Pengakuan Iman Konstatinopel nmn banyak umat kristen tdk sadar atau tdk perduli. Sy memang bukan sebagai pihak yg punya kapasitas utk membicarakan hal ini saudara2x yg membaca tulisan ini dpt mengemail saudara2x km yg ad di palestina, suriah,mesir untuk info lebih jls. Trims

  11. hm…kepada pak penulis..ini artikel sumbernya dari mana, ya? Bisa tolong dilampirkan di artikel yang dibuat ?

    Terima KAsih

  12. Berbicara tentang agama sebagai sebuah organisasi, terkadang memang memusingkan. Tapi percaya saja kepada hukum cinta kasih

  13. banyak yg berteriak mengaku berTuhan tapi hanya satu TUHAN yg turun dri sorga dan mendengar teriakan saat buku kehidupan di buka pada hari kiamat. Renungkanlah apa yg engkau jalani yg terbenar INGAT HANYA SATU ALLAH.

  14. Sebenarnya yang ada itu Tuhan agama itu enggak pernah ada Musa datang bukan membawa agama,Yesus datang juga bukan membawa agama,Muhamad datang juga bukan membawa agama,mereka datang membawa damai,dasar manusia emang enggak maw damai maka dibuat lah agama agar ada perang diantara agama agama tersebut,kalo dah dasarnya enggak mau damai yah susah menyamakan persepi akan Ke Tuhanan dan Iman itu sendiri,sekarang singkirkan agama itu tapi satu kan lah pandangan akan Tuhan maka akan dapat titik temu nya,bikin cara mu untuk sembahyang kepada Tuhan aku bikin cara ku sembahyang kepada Tuhan.Mau kiblat mu ke timur maw kiblat mu ke barat itu enggak masalah yang masalah adalah apakah cara kita datang kepada Tuhan itu bener2 dari hati ataw hanya dari pikiran,jgn menggunakan pikiran untuk mendapat kan Tuhan,gunakan lah selalu hati tuk mendapat kan Tuhan

    • Hamba Tuhan Berkata

      Benar saudaraku….
      Agama adalah sarana bagi umat manusia untuk mengenal & mendalami siapa Tuhan itu sendiri, dan mengekspresikan rasa syukur atas nikmat serta karunia kehidupan yg telah diberikan.
      Hanya saja cara mengekspresikannya yg berbeda diantara setiap agama. Apa artinya kita mengaku beragama & berTuhan jika kita sendiri melakukan perbuatan2 yg jauh dari jalan Tuhan, toh yg ada kita hanya akan jauh dari jalan Tuhan dan dekat kejalan setan.
      Kita bisa lihat bahwa Tuhan menciptakan kita kedalam bnyak suku,bangsa dan bahasa. Tuhan itu tidak bisa dijabarkan dengan akal pikiran manusia
      Kembali pada diri kita masing2 yakini Tuhan dari dalam lubuk hati yg terdalam dan jadikanlah agama sebagai sarana pencapaian kehidupan kekal surgawi.

      Shalom alekhem

  15. shalom aleychem/assalamu alaikum,
    b’shem ha-elohim
    saya seorang Muslim, bagi saya KOS adalah sebuah kepercayaan Kristen mula-mula sebelum Kristen yang ada sekarang, itu merupakan warisan Yesus as yang tidak ternilai harganya, semoga KOS bisa menjadi bagian di Indonesia, Amin.
    wassalam

  16. Kawula abdi Gusti Yesus Berkata

    hallom,
    Saya heran sama anda2 semua,
    Kalo menurut saya, prejanjian baru tu ngajar kita untuk lebih menangkap isi daripada aturan2 tradisi yang sifatnya superfisial. Injil kurang lebih bercerita soal konfrontasi antara Yesus (yang berpihak pada prinsip universal yang mendasari tradisi) melawan orang Farisi (yang berpihak pada tradisi & taurat). Jadi apa yg salah kalo kristen di indonesia udah “gak yahudi banget”?
    Bukannya itu malah bagus?
    Artinya kan mereka mengajarkan ajaran kristen tanpa menggerus kebudayaan lokal.
    Keyakinan bahwa Yesus lahir dari perawan juga menggambarkan itu. saya lupa yang keturunannya daud itu yusuf atau maria. Tapi siapapun itu, udah ga ngaruh lagi bagi Yesus, karena yahudi punya tradisi patriarkal, dan orang kristen percaya Yesus ga punya bapak biologis. Jadi orang kristen percaya, secara tradisi Yesus juga ga yahudi2 amat.
    Okelah anda bisa bilang tradisi kristen & katolik yang sekarang sudah berbeda dengan tradisi “murni” yang diajarkan Yesus dulu. Kristen & katolik udah “gak yahudi banget”. Tapi apa yang jelek dengan itu?
    Saya malah setuju kalo ada kristen kejawen. KArena saya takut kalo2 tradisi kita harus jadi seragam sama orang2 timur tengah itu!

    • estimate Berkata

      Setuju dengan pendapat anda. Saya sangat setuju jika budaya Indoensia dijadikan dasar sebab Yesus sendiri sudah mencurahkan Roh Kudusnya kepada bangsa-bangsa untuk diberitakan. Sehingga Yesus tidak membatasi gerak dalam satu tatacara ibadah, memang tidak ada salahnya jika ada yang mau melakukannya dengan tatacara Timur Tengah, saya juga setuju dan tidak masalah buat saya. Yesus hanya mau bahwa Diri Nya dapat diberitakan kepada bangsa-bangsa bahwa Dia adalah Jalan Keselamatan. Mau dengan tatacara ibadah apapun Yesus tidak menyebutkan.

  17. Karmeng Imran Berkata

    saya karmeng, kristen protestan tinggalnya di propinsi gorontalo, saya sangat tertarik sekali dengan ajaran Kristen Ortodoks, karena begitu besarnya cinta saya ada Yesus Kristus maka ada kerinduan dalam hati saya untuk mengikuti ritual-ritual ibadah yang benar yang dilakukan oleh Yesus dan saya melihat itu ada pada liturgi Kristen Ortodoks tapi masalahnya saya kesulitan itu mencari informasi tentang Kristen Ortodoks apalagi di daerah saya belum ada gereja Ortodoks , untuk itu saya sangat berharap bisa mendapat informasi yang lebih lengkap lagi tentang Kristen Ortodoks, dimana saya mendapat itu..? Mohon kalo ada ada bisa dikirim ke e-mail saya. opox_301073@yahoo.com. JBU All…

  18. Meski tidak tahu semuanya, tapi pendekatan ini baik sekali untuk teman-teman muslim, bahwa memang ada kekristenan arab, karena memang arab selalu diidentikan dengan islam, padahal nga selalu kan.

  19. Sewaktu Nabi Muhammad saw hidup, sdh ada komunitas agama yg sdh ada disana spt Yudaisme, Kristen, Majus, bahkan paman dari istri Khadijah adlh penganut Kristen, bahkan Khalifah Umar pernah shalat di sebuah Gereja, memang umat Nasrani sangat bersahabat dg Muslim drpd umat Yahudi saat itu, krn umat Yahudi suka bikin onar dan sangat memusuhi Nabi dan umat Islam, dan memang Yahudi terkenal sbg penjagal para Nabi utusan Allah.

    • estimate Berkata

      Makanya kalau benci orang Amerika atau Barat jangan benci agamanya, karena kalau benci agamanya akan berimbas ke seluruh penganutnya tidak pandang suku bangsa dan negara lagi. Kalau mau benci barat dan Amrik silahkan. Kalau benci Katolik atau Kristen anda salah alamat, apalagi ngebom segala, buat apa?

  20. Pada saat awal-awal dakwah Nabi Muhammad, SAW beliau dan pengikutnya mengalami teror & tekanan-tekanan orang-orang Quraisy. Karena pengikutnya masih sedikit dan musuh lebih kuat, maka Nabi memerintahkan pengikutnya minta perlindungan ke kaisar Negus yang bijaksanan, yaitu raja Kristen aliran Nestoria di Abesinia ( Afrika ) dan ternyata kaum Muslimin ini memperoleh pengayoman dan perlakuan baik selama 14 tahun dan setelah itu bergabung kembali dengan Nabi di Madinah. Hai ini menunjukkan bahwa hubungan Islam dengan Kristen ortodoks sudah terjalin baik sejak agama Islam baru lahir.

  21. Joko P. Berkata

    Pandanganku mungkin agak berbeda, buatku prinsip ketuhanan & iman tdk hrs diekspresikan/diimplementasikan dgn sbuah ritual yg hrs sesuai dgn aslinya. Tuhan menciptakan manusia sesuai dgn gambarnya dan sesuai dgn jamannya agar kita sbg manusia skrng dpt mengelola sgala ciptaannya spt apa adanya saat ini. Keimanan ada di dlm hati kita/rohani kita sedang raga/jasmani hanya sbg sarana/alat utk mewujudkan/menampilkan keimanan itu sendiri. Nabi, agama, kitab, liturgi hanyalah sbg tuntunan dan penampakan identitas fisik yg bersifat duniawi selebihnya manusia secara pribadi dpt mengaktualisasi dirinya sendiri dlm khidupan ini secara baik krn keyakinan Tuhan menciptakan masing-2 manusia secara pribadi terlepas dari pribadi yg lain. Kebenaran mutlak hanya milik Tuhan, sehingga takkan pernah dan boleh ada orang per orang, kelompok, golongan bahkan nabi sekalipun yg menyatakan diri paling benar. Semakin kuatnya seseorang meyakini diri sbg yg terbenar didlam bertuhan dan beragama, maka semakin sesatlah dia didalam iman itu sendiri.

  22. Roperto Berkata

    Kita patut bersyukur karena masih ada dan tetap eksis gereja dengan budaya Arab (bahasa, simbol -simbol dll) agar orang tau bahwa gereja itu tidak pernah meniru – niru atau mengambil simbol – simbol agama lain.

  23. Roperto Berkata

    buat sdri Lady Pumkin …saya sangat memahami pendapat anda, sebab apa yang anda pikirkan adalah bersumber dari pengetahuan dan teori – teori tentang hukum positif, norma, yang memberi arah kemana dan bagaimana manusia bisa hidup dan berinteraksi secara dengan Tuhan, sesama dan lingkungan. namun sangat disayangkan bahwa terkait koteks ini, anda sangat minim informasi tentang apa yang dinamakan ” komunitas / jemaah ortodks Syria ” skedar info = jemaah ini sudah ada jauh sebelum nabi Muhamad. thx.

  24. bismil ab wal ibn warruhil qudsi al ilah al wahid
    Saya penganut Kristen Protestan, Ortodoks benar, kristen modern juga benar, ortodoks justru hadir dengan sebuah misi, agar terjadi pelurusan sejarah, bahwa kristen tidak identik dengan agama orang barat, dan islam agam orang timur, sesuangguhnya misi ini adalah untuk mengikat kerukunan dari sebuah negara yang sangat majemuk dan penuh dengan sejarah………..

  25. Yg haq + yg batil tetap berbeda , makanya perlu belajar agama ,air tdk bisa bdrcampur dngn minyak , istgfar

  26. Yonas Assegaf Berkata

    hufh..sebagai keturunan cina,arab,jawa..dibesarkan dalam kultur & agama yg berbeda..kristen,islam,budha..saya jadi sedih kalw bangsa ini semakin rendah pemikirannya tentang agama2 di Indonesia..Tuhan tidak perlu dibela..sudah benarkah hidup anda di dunia??..:(

    • Dunia ini hny sesaat kawan..ketika nanti kita tdk bs mempertahankan kepercayaan kita ini maka akan sia-sia lah hidup .. penyesalan di akhir..berbuat baik lah sesama mu..dan jangan kau rusak hubugan mu dgn yang meg hidup kan dan me matikan mu

  27. naudjubillahiminjaliq

  28. M E N Y E S A T K A N . . . !!!

  29. Plasidus Maurus Berkata

    Aku penganut Katholik mau gabung dgn KOS bole tau alamatx disurabaya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: