Dulu Primadona, Kini Sepi Mahasiswa

Gara-gara bisnis perbankan mampat, minat kuliah di lembaga perbankan pun tak lagi ngebet.

BISNIS perbankan kini macet. Maka, para calon mahasiswa yang dulu ingin kuliah di sekolah-sekolah tinggi perbankan tak lagi ngebet. Padahal, ketika dunia perbankan marak, minat mahasiswa membengkak. Anganangan mereka: jika kelak lulus, bisa bekerja di bank, yang konon gajinya gede. Di lain pihak, bank-bank juga membutuhkar tenaga kerja terdidik. Tapi, kini, impian itu terpuruk sudah.

Itu sebabnya Pipit kini kebingungan Mahasiswa semester akhir fakultas ekonomi sebuah perguruan tinggi swasta itu mengaku patah arang untuk meneruskan kuliah. “Dulu, saya ngebet banget bekerja di bank. Kelihatannya kan sangat bergengsi,” katanya. Tapi, kini, dunia perbankan hancur sudah. Bukan hanya itu, bahkan untuk melamar ke berbagai perusahaan pun tipis harapan bisa diterima. Sebab, yang terjadi justru banyak karyawan dikenakan pemutusan hubungan kerja.

Dampak pahit atas porak-porandanya sektor perbankan itu dengan sendirinya juga dirasakan lembaga-lembaga pendidikan perbankan. Lembaga penyedia tenaga kerja perbankan itu kini mulai senyap peminat. Padahal, di awal tahun 1990-an, seiring dengan menjamurya bank swasta, pendidikan perbankan laris diserbu para calon mahasiswa.

Kini, yang terjadi kebalikannya. Tengoklah, misalnya, Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta, yang beken dan keren. Tahun lalu, jumlah pendaftar di kampus itu tak kurang dari 6.000.Tapi kini, jumlah calon mahasiswa di sana merosot hampir 50 persen. “Padahal, dua tahun lalu, yang mendaftar sekitar 8.000 orang,” ujar Suhardi, Ketua STIE Perbanas Jakarta.

Meski jumlah pendaftar menciut, lulusannya masih bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk bank-bank swasta yang tergabung dalam Perhimpunan Bank Nasional Swasta alias Perbanas. Setiap tahun, kampus itu mendidik sekitar 1.200 mahasiswa.

* Bangkrut, Jual Aset

STIE Kerja Sama di Yogyakarta juga mengalami nasib serupa. Sebelumnya, sekolah itu mampu menjaring 1.100 mahasiswa, kini cuma 800 Bahkan, lantaran terancam bangkrut, belakangan, lembaga pendidikan itu berniat menjual sebagian asetnya. “Sayang, sampai sampai saal ini belum juga laku,” kata Murthono Reksojoyo, Kepala Bagian Penelitian dan pengembangan STIE Kerja Sama.

Suasana sepi itu juga tampak di kampus STIE Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan di Bandung. Di sana, mahasiswa yang mendaftar anjlok sekitar 20-30 persen dari tahun sebelumnya. Dan, yang paling anjlok dialami STIE Perbanas Surabaya. Ketika dunia perbankan masih jaya, tak kurang dari 3.000 mahasiswa baru mendaftar di lembaga pendidikan swasta yang juga membuka program diploma-3 perbankan itu. Tapi kini. jumlah pendaftar anjlok sampai 50 persen.

Menurut Tjuk K. Sukiadi, Pembantu Ketua I STIE Perbanas Surabaya, semula. perbankan memang merupakan jurusan primadoria Dulu, peminat di jurusan itu membludak. Tapi kini, ketika dunia perbankan ambruk, jurusan itu pula yang paling terpuruk. “Apalagi, pemberitaan di koran memberikan kesan dunia perbankan sudah seperti mau kiamat saja. Itu sangat mempengaruhi lembaga kami,” kata Tjuk. Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di lembaga kursus perbankan, seperti New Surabaya College, di Surabaya juga anjlok sekitar 50 persen.

Namun, menurut para pengelola lembaga pendidikan perbankan itu, ambruknya dunia perbankan bukan satu-satunya penyebab anjloknya jumlah calon mahasiswa. Menurut mereka, hal itu lebih disebabkan krisis ekonomi yang berkepanjangan. Apalagi, ada kesan seolah dunia perbankan sudah kiamat. Itu semua sangat mempengaruhi calon mahasiswa yang ingin kuliah di lembaga pendidikan perbankan dengan harapan bisa bekerja di bank.

Kendati begitu, para pengelola pendidikan perbankan itu rata-rata masih optimistis. Mereka yakin masih ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Jika kini potret dunia perbankan buram, tiga sampai lima tahun mendatang, mereka yakin akan muncul fajar yang cerah: ekonomi akan membaik, sehingga bisnis perbankan normal kembali. Ketika itulah dunia perbankan akan membutuhkan tenaga kerja terdidik.

Optimisme seperti itu rupanya juga terbersit di benak Fuad Hasan. Meskipun sekarang ini kesempatan bekerja di bank sangat kecil, mahasiswa semester tiga STIE Perbanas Jakarta itu tak mau ambil pusing. Bagi dia, yang penting bisa lulus dulu. “Soal kerja, enggak mikir dululah. Kerja kan nanti bisa di mana saja,” katanya. Memang, yang penting belajar, tak perlu pusing-pusing.

Cuma, nanti jika sudah lulus, nah, baru puyeng lu.

Puji Sumedi/Laporan M. Subroto (Jakarta), Rudianto (Bandung), Prasetya (Yogyakarta), dan Abdul Manan (Surabaya)

D&R, Edisi 981003-007/Hal. 37 Rubrik Pendidikan

55 Tanggapan to “Dulu Primadona, Kini Sepi Mahasiswa”

  1. Aku turut prihatin ma keadaan STIE Kerjasama yang memang dulu itu Perguruan Tinggi Swasta yang lumayan dapat diperhitungkan, soalnya kakak ku guja kuliah di sana dia lulusan tahun1997 klo ga salah…
    mudah2han mahsiswanya tambah banyak ya…

  2. halo sekarang kampus kita udah gaka da alis udah runtuh.kena gempa.coba aja tengok jl.Parangtritis Km 3.Tp tidak usah sedih kta musti bangkit. kesuksessan tidak dilihat dari kampus mana dia berasal
    kesuksesan adalah hak kita.sukses ada di depan mata.

  3. christin jingga berliana Says:

    setuju,..dulu memang primadona bahkan favorit diantara PTS yg ada di jogja. Kampus yg sarat dg kegiatan akademis dan bernuansa intelektualist. Masih ingat au aan keindahan kuliah di kampus coklat itu. Dosennya keren,ngajar enak dan ilmunya trend banget dg ebutuhan pasar.Terus mahsiswinya kece kece bak artis idola kaya saya ini🙂
    Dosennya ramah ramah lagi empati banget sama kita ita yg orang rantau,..hemmmm apalagi pak Agung tuh, ya Pak Agung EDy wibowo,wuih keren, entertain banget, kalo ngajar deket sama kita mahasiswa. Dimana beliau sekarang ya ? Kangen kalo dia ngajar deh,….kelas selalu penuh kalo dia ngajar.Pa dimana pak?
    guys,..meski stie ancur krn gempa. mari kita tetap bangkit,ok! Semoga stie kerjasama ce[pat bangkit lagi, seperti info yg saya dengar.
    salam colat kampus,……….

  4. hai sobat aku mantan mahasiswa stie kers angkatan 1992 yuk do reuni. dipadang golf bulak salakan

    • hai sob… lama aku cari…alumni stiekers..manajemen 92,kangenne pol..dab..,tolong beri info teman2 yang lain dong…add di face book jk priyatno..ya

  5. hai para alumni stiekers reuni yuk…
    kampus udah ancur..
    semangat alumni tetep kokoh dong..
    kumpul2 yuk
    dick_jannice@yahoo.com
    alumni angkatan 1999 lulus 2003 S1 ek manajemen
    gabung coy..

  6. sebagai alumnus stie kers saya juga turut prihatin apa yang terjadi pada kampusku dulu

  7. buat alumnus stieker yang ada disumatera, kita reunian yuuk….

    sharaph, arravana

  8. Saya angk’92 bareng sama suharso, yuliani, i putu arya mudita (kamu dmn skg)Sedih yach kalo dengar kampus yang kita cintai udah ngak ada, tapi alangkah baiknya sesama alumni bisa kumpul2 lagi.

    • hallooo
      aku angkatan 1992 IESP aku Boediarto Ws sekelas sama Mas Anton (gondrong), mbak Sisilia, Retno (sragen), mas Suharso juga lho.
      gimana kabar?……..

  9. Hai mahasiswa yang ada diyogya khususnya dstieker, lulusan 2003 ek. pembangunan.janganlah kalian berkecil hati teruskan perjuangan kalian menampah ilmu sampai selesai’ yuk datang ke KALTIM daerah yang masih banyak membutuhkan tenaga ahli, apalagi sekarang banyak pemekaran; saya aja sudah bekerja di BAPPEDA kutai karta negara distaf bidang ekonomi sub.bid. perindustrian; jadi siapa bilang alumnus stieker tidak dapat mencari kerja, ok salam buat dosen ku tercinta pak tatit

  10. akbar_maulana Says:

    n’kabar purwani ninik umboro, angkatan 1993

  11. akbar_maulana Says:

    n’kabar purwani ninik umboro, angkatan 1993 ?

  12. paul (agung) Says:

    Gw paul lg nyari tmen stieker sideni anak subang ,anak2 stieker yg nongkrong dimalioboro hub gw dunk ,stieker bikin gw idup dijakarta impian gw ,i love u full…………

  13. Adi Rahmatsyah Says:

    hi semua …… aku juga alumni stieker’s angkatan 92 IESP……ya sedih juga sih liat kampus sekarang udah runtuh….
    tp bener kt yanis…semangat harus tetep kokoh ….tul ga…

  14. Supriyanto Says:

    Hi… aku alumni stiekers S1 manajemen angkatan ’89 , apa yang bisa kita perbuat untuk almamater kita ?Ada yg tau Rudi Hartono ( angk.88 ) , Thomas Hendrie ( angk. 89 )…dimana kalian ?

  15. mutaqin suharsono se Says:

    assalamu`alaikum wr wb
    salam silahturahmi buat almamater STIE Kers..
    saya angkatan 95 management S1..dulu emang dijulukin the king nyee..emang masa saat ntu maseeh mantaf dah kul disini..
    walau tempat kul saya indah yg dulu..dan sekarang seakan mau menghilang….sedih ga seeh.. ???
    apa kata almamater…
    tapi,semangat untuk menimba ilmu harus ada dan disiplin ilmu dari bangku kul tetap ku junjung.
    saya kangen banget sama bu dosen saya bu ratna y..semoga ibu masi kenal saya..
    rasanya kangen ingin gathering ma temen temen seperjuangn..
    wassalamu`alaikum wr wb

  16. Saya juga ikut merasa sedih banget kampus STIEKERS sepertinya tinggal nama saja. Sejak thn 2000 kampus megah tsb mulai bermasalah di kubu internalnya.
    Dan setelah 26 Mei 2006 yah… ga sanggup melihatnya..

    Aku bukan alumni STIEKERS tapi aku seneng sama STIEKERS. Aku sering main kekampusnya. Shalat Idul Fitri jg disana. Pokoknya kangen pengen seperti dulu lagi…

    Kini, STIEKERS telah berubah jadi area rekreasi. Ya kaya pasar malam gt de.. sayang seribu kali sayang… tempat yg dulunya buat mendidik putra bangsa, eh malah jadi tempat rekreasi.

    Kuberharap semoga apa yg kukatakan ini salah. Dan semoga STIEKERS bisa bangkit dan kembali seperti dulu lagi, Amin..

  17. stikers da runtuh……tp gedung na shob..
    skr stikers pindah di jl.batikan samping asrama ntb….
    truz…lw da reuni khabarin q ya….

  18. Dear Alumni stiekers,

    Ikut sedih juga kampus stiekers sekarang tinggal kenangan karena gedungnya kena gempa, walaupun saya bukan alumni stiekers tetapi saya cukup tahu sekolah ini karena teman kakak saya dulu juga menimba ilmu disini. buat alumni stiekers semoga bisa mengembangkan ilmunya, salam dari saya

    Endah,
    Alumni Manajemen(international Program) FE-UII Yogyakarta
    Sekarang bekerja di Bank BNI(London Branch)

  19. aku anak stiekers s1 mnjmn perush lulus 2003
    kampus boleh ga ada tapi selama kamu berkarya hidupmu akan selalu berarti penting bagi dirimu, keluargamu, temanmu dan lingkunganmu.
    Jangan patah semangat bro..
    ijazah bukan segala-galanya..

  20. hallo apa kabar……..kawan2 ku alumnus STIEKERS angkatan 95 Menejemen D3 Kita reuni yuk………..

  21. HERU SAPTONO Says:

    Beberapa hari yg lalu aku juga sempat liat kondisi STIEKER yang sudah porak peranda, sulit dipercaya memang ,tapi kenyataannya begitu. kalau aku ke Yogya aku merasa ada yang “hilang”. Tidak ada lagi tempat yang selama +/- 3 th aku menimba ilmu di sana dan sekarang alhamdulilah aku sdh bekerja di salah satu Bank BUMN.

  22. Agung Wibowo Says:

    sedih banget, STIEKERS ancur lebur bak kiamat,saya Agung S1 Manajeman Perusahaan angk 98 yg skrg Alhamdulilah udh kerja di BANK Mandiri walau baru Manajer tp artinya STIEKERS sdh membawaku berkarier,buat tmn2 Alumni STIEKERS angkatan brp aja ayo reuni, thanks guys

  23. Saya alumni stikers 2002,banyak kok alumni stiekers yang lulus pns, ini membuktikan kualitas stiekers kan,,kami merindukan kebangkitan stiekers..

  24. salam kagen…..alumni stikers kerjasama semua…khususnya 1992 management…,bagaimana kabar,sekarang pada dimana…,gila aku ndak ada pernah dengar kabar kalian bagai ditelan bumi..,come on gays,ingat masa perjuangan kita dulu waktu kuliah dulu,jagan karena kampus dah bablas….lalu kita juga ikut bablas..,yakin aku kangen berat ama kalian…sebagai memori :..aku anak kaltim,kos sekitar Pandean UH.dekat terminal,terakhir kost gue jlan imogiri dekat..pasat telo…,sekarang masih di kaltim…(Supri..,Amat, Sableng…achhh lupa…)add.aku di Face book jkpriyatno@gmail.com

  25. Budi Prihadi Says:

    Saya adalah lulusan tahun 92 D.III Manajemen, saat ini bekerja disebuah bank BUMN, banyak ilmu yg dapt diperoleh di STIEKERS dan cukup bermanfaat didunia kerja saya berharap banyak agar STIEKERS tetap bertahan dan terus berkembang, jujur banyak kenangan manis,rasa Idealisme,pemikiran inovatif berawal tumbuh dari sana bravo STIEKERS…!

  26. aku alumni stiekers angk 94 DIII IESP& extensi 98.sy rasa STIKERS bs berdiri lg asal alumni nya yg dah bhasil di luar jogja mau memikirkan naama almamater kt lg,saya dengar kbr,alumnus stiekers dah bergerak buat itu,kita tunggu sj actionnya jgn hanya wacana sj..ayo bangkit lg nama STIEKERS..buat tmn2 alumnni DIII Iesp angkt 94 klas A,B,C,D,E ayuk kita reuni,kt buat daftar anggota alumni stiekers tercinta…bgmnpun lulusan alumni kt msh ttp diperhitungkan diluar sana..buktinya aku dah krj&pindah smpi 8x diperush2 besar indonesia he3x.ok ttp smgt ttp keep n touch y? tq c u…

  27. ok hub-i sy di 085 8686 8383 2/ utk tmn2 yg ada diseluruh indonesia,sumatra,kalimantan,sulawesi,jawa,ntt,ntb,irian,maluku,pokoknya alumnus stiekers yuk kita buka face bookan semua..bs kontak via zaenal_7up@yahoo.com

  28. Ayo, mari kita bangkit lagi.
    Kalau kita lihat prospeknya lumayan bgs lho. Soalnya jarang ada kampus di kawasan selatan Jogja

  29. Rachnaningrum Yusufi Says:

    Aku turut prihatin kampus kita jadi spt itu nasipnya… ga’ nyangka aku… tapi kita doakan semoga cepat berbenah diri dan kembali spt semula… jadi salah satu PTS favorit di yogjakarta… Amin3X

    Yang merasa angkatan ’90 DIII IESP terutama kelas C @ aq ya… ” fb ” rachnaningrum yusufi & email rachnayusufi@rocketmail.com…. and kalau reuni kabari ya….

  30. aku alumni stiekers 2002 juga, sekarang saya kerja di depkeu, dan jujur saja gue masuk dengan jujur tanpa embel2 katabelece dll. sukses semua buat alumni stiekers…..

  31. DWI CAHYADI Says:

    salam buat teman teman STIEKERS D3 IESP ANGKATAN 96,salam buat tomy tomi di kendari apa kbr?

  32. BUDI KLATEN Says:

    penghormatan setinggi tingginya q berikan buat kmpusku trcinta STIEKERS…q IESP angk’94…Alhamdulilah..karierku di DANAREKSA sekuritas…bs mewujudkan cita2ku selama ini….moga2 STIEKERS cepat bangkit kmbali ke masa kejayaan…

  33. huff sedihx g bs diukur aq mhswa D3 IESP angkt 99 siapa blg alumnus sulit dpt krj itu hx mslah nasib terbukti aq n istriq yg juga alumni IESP DIII bs jd PNS btp bangganya stiekers n mud2an smgt para alumni ini bs bgkitkan kembali stiekers dengan kurikulum br/gedung br/ semangat baru buat anak kami hhe

  34. atik mila rosa Says:

    allow buat alumni stiekers d.mana aja????kampus udah g ada jgn jd kalian sedih ayo hrus bangkit n wujudkan cita2 kalian smua,kembalikan lagi nama harum stiekers seperti dl lg semngat coy……salam buat pak sisno gmn kbar skrg pak,tembakaux sukses g heeee????

  35. Agus Mulyana Says:

    Aku begitu kaget, terharu, pokonya campur aduk lah….ko bisa sih kampus sebegitu megahnya, skr cuma jadi lahan kosong,….Terus gimana kl anak cucu kita nanyain,….”pak/bu..dulu kuliah dimana?..”
    Oh ya…aku dulu kos di Krapyak Wetan (Kurnia 2), Manajemen D3 kls D thn 93, jk tmn2 msh inget aku, yg pernah kos bareng, call/sms ke nmr 08811676210. Tp ga papa ya….kampus hancur…yg penting rasa kebersamaan kita sbg alumni STIEKER tetap utuh. Thanks

  36. sri noor aini,se Says:

    Hi , ikutan dunk . ku yg pling muda nieh , sy alumni Steikers jg .
    aku ikut wisuda yg penutupan terakhir tahun 2006 sebelum puasa setelah terjadi gempa yg dahsyat itu . pelaksanaan ACC waktu itu di ungsikan d sebuah hotel dr arah Jokteng ke barat ya selatan jalan . Wah mengenaskan sekali memang melihat kampus ku yg sekarang sudah rata dengan tanah . Iya dulu wisudanya di sebuah gedung kecil selatan pasar Beringharjo . Ya terpaksa deh , padahal aku ingin sekali lulus dan di wisuda di Gedung kesayanganku , di STIEKERS .

  37. hai…saya alumni stikers angkatan 2004.waduh sedih y …ngk bisa liat lagi kampus…kagen sich,,,tapi ngk usah larut dalam sedih..kita bisa jga kok sukses
    banyak.salam buat teman-teman ku en dosen nya terutama ibu indri sama ibu ifi salam kagen semua

  38. hai…saya alumni stikers lulusan 2004.waduh sedih y …ngk bisa liat lagi kampus…kagen sich,,,tapi ngk usah larut dalam sedih..kita bisa jga kok sukses
    .salam buat teman-teman ku en dosen nya terutama ibu indri sama ibu ifi salam kagen semua.

  39. priyo sujono Says:

    saya lulusan 93 D3 manajemen. Koq stiekers jadi begini. barangkali ada yang tahu eksistensinya tolong donk kabari. mudah-mudahan kita tetap menjadi alumni yang utuh

  40. yuyun syahbana Says:

    kampus itu banyak menyisakan kenangan, salam yah buat semua, saya s1 mngmnt 2000, nih nomer mahasiswa nya 1200-03611🙂 walau kuliah dulu ancur2an Alhamdulillah ilmu yg kudapat dikampus itu dapat membuatku jadi owner dalam dunia usaha, tks my stikekers

  41. apapun yg tjd dgn stiekers.kita ttp alumni,jgn bkecil hati …terbukti stekers byk mencetak lulusan yg sukses di bidangnya masing,,setiap pergi kekota2 indonesia sllu terdengar lulusan stiekers,jd tetap bangga prnh kuliah di stiekers…smga stiekers akan bangkit lg mjd PTS yg kembali diperhitungkan …amin…

  42. aku angkatan 93 klas D iesp mencari my friends abdul kadir,bambang, sapto, agus, lisa, yanti, dwi mulyani, andri purworejo, edi kecil jln.magelang, hendri purwokerto catur kebumen, wahyu & agus klaten and tak lupa my angel nancy nilawati. emailku: teguhsugiharta@ymail.com gue skrg tinggal di palembang sukses broo.
    AKU PASTI DATANG /INSYAALLAH KALAU ADA REUNI GANK KITA.

  43. sedih rasanya wkt aku dengar ado gempa di yogya thn 06 alhamdulilah my family diyogya is ok dan krn aku tinggal di palembang. selang sebln aku mudik lht kampusku hancur oh kampus yg punya bnyk kenangan semasa kuliah dulu. my friend jgn lupa dgnku ya angkatan 93 DIII IESP i love u,and i miss u all.

  44. ludisubagja Says:

    ludisubagja@yahoo.com
    dulu saya sekolah disna dari thn 1999-2002 economic management class A
    sy putuskan pindah ke jkt di krn sy mengalami penurunan mental…
    tp sy msh mencari seorang yang saya tinggalkan begitu aja….semua teman sahabat dan lain nya tanpa pamit…sy yakin semua lulus secara aturan…mhn bantuan nya jika kenal saya…thx

  45. Iya sedih ya.. kampus megah itu kini sudah dirobohkan. Citra satelitnya

    Tapi katanya mau dibeli sama Trisakti, bener ga?

  46. Hmpir 5 thn tgl dijogya selama itu juga stiekers -krapyak wetan aku tinggali. Alhamdulillah teman2 saung kuring keep contack.btw aku alumni d3 02 s1 04 mnjamn. Stiekers always on my mind.

  47. Kharisman N.R Says:

    Sayang sekali, padahal tahun ini saya baru lulus SMA, dan berniat daftar STIE perbanas surabaya. Tp stlah membaca artikel ini, saya jd ikut2 terpengaruh..

  48. aku angkatan 97 D3 iesp

  49. aku cari temen d3 iesp angkatan 97 dimana aja

Tinggalkan Balasan

