Sutiyoso Yakin Persepsi Korupsi Jakarta Akan Membaik

Kamis, 17 Pebruari 2005 | 15:23 WIBTEMPO Interaktif, Jakarta:Gubernur DKI Sutiyoso optimis indeks persepsi korupsi di Jakarta akan membaik tahun depan. “Insya Allah. Kami bekerja sama dengan KPK. Saya juga sudah membuat ombudsman daerah,” kata Sutiyoso merespons survei Transparency International Indonesia yang memposisikan Jakarta terkorup di antara 21 kota di Republik.

Pernyataan Sutiyoso yang dikemukakan di Istana Negara Kamis (17/2). Bekas Panglima Kodam Jaya ini berkilah, survei itu adalah indeks Kota Jakarta, bukan DKI Jakarta. Menurutnya, di Kota Jakarta ada pemerintah pusat, legislatif, dan yudikatif. “Pemerintah DKI termasuk didalamnya,” katanya.

Aktivitas Ibu Kota, kata Gubernur, harus dipahami sebagai pusat bisnis di mana sekitar 70 persen kegiatan ekonomi negera berada di sini. “Tentu persentasenya jauh dibanding Wonosobo (kota paling bersih dalam kasus korupsi),” katanya.

Sutiyoso menilai, hasil survei itu sangat positif. “Ini bisa menjadikan para pemimpin mawas diri, melakukan evaluasi terhadap institusinya,” katanya. Gubenur DKI juga mengutip pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta agar pejabat mengutamakan pencegahan dalam pemberantasan korupsi.

Sutiyoso mengaku sempat berbicara langsung kepada para pejabat yang dilantik belum lama ini. “Saya akan pantau dalam enam bulan pertama. Jika tidak berprestasi, saya ganti. Kalau ketahuan ada korupsi hari itu juga saya ganti dan ajukan ke aparat hukum,” ujarnya.

Abdul Manan-Tempo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s