Pemerintah Melakukan Pendataan Relawan di Aceh

Senin, 14 Maret 2005 | 19:23 WIBTEMPO Interaktif, Jakarta: Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat menyatakan, pemerintah akan melakukan pendataan terhadap relawan asing yang bekerja di Aceh. “Pendataan sudah mulai dilakukan,” kata Alwi saat ditemui wartawan di Istana Presiden, Jakarta, Senin (14/3).

Pemerintah, kata Alwi, akan melakukan pendataan terhadap semua aktivitas relawan yang ada di Aceh. Dalam proses pendataan itu, pemerintah akan menilai peran apa saja yang bisa dilakukan relawan itu disana. Dia memberi contoh ada relawan yang ahli dalam tanggap darurat. Karena tahap itu sudah selsai, maka itu tak lagi diperlukan. “Kita akan mengizinkan semuanya kecuali mereka yang tidak qualified,” kata dia.

Namun jika ada yang memiliki dana US$ 1 juta misalnya, kata Alwi, tentu akan ditanya apa yang akan dikerjakan di sana. Apakah dia akan menangani sanitasi, membangun rumah sakit atau melakukan aktifitas apa. Kalau dana yang dimilikinya terlalu kecil, dan LSM itu tidak masuk dalam registrasi atau kerjasama dengan negara donor dan PBB, maka kita akan minta mereka merger
dengan yang lebih besar. “Kita takkan mengusir orang,” tegas Alwi.

Abdul Manan – Tempo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s