Jadi Agen Israel, Dua Warga Palestina Dieksekusi

SABTU, 22 JUNI 2013 | 20:23 WIB

TEMPO.COGaza – Pemimpin Hamas, seperti dilansir Reuters Sabtu 22 Juni 2013 mengatakan, mereka telah menggantung dua warga Palestina karena dinyatakan bersalah menjadi mata-mata Israel lebih dari satu dekade. Mereka menjadi yang pertama dieksekusi setelah masa amnesti yang diberikan Hamas untuk para informan Israel itu berakhir April lalu.

Sudah ada 16 warga Palestina yang dieksekusi di Gaza karena menjadi mata-mata Israel sejak Hamas merebut wilayah itu tahun 2007.

Hamas, yang menolak mengakui Israel sebagai negara yang sah, mengatakan, eksekusi ini ditujukan untuk menekan warga Palestina di Gaza untuk menjual informasi kepada Israel. Informasi itu meliputi keberadaan anggota militan Hamas atau tempat penyimpanan senjata.

Aktivis hak asasi manusia mengatakan eksekusi seperti itu melanggar hukum Palestina yang mengatakan bahwa setiap kasus semacam ini harus ditinjau oleh Presiden Mahmud Abbas. Namun Hamas tidak mengakui pemerintahan Abbas, yang memerintah Palestina di wilayah Tepi Barat. Hamas memerintah di Jalur Gaza.

Reuters | Abdul Manan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s